Cara Mengetahui dan Membuat Definisi Hashtag pada Jejaring Sosial Twitter

Cara Mengetahui dan Membuat Definisi Hashtag pada Jejaring Sosial Twitter - Salah satu fitur Twitter adalah hashtag yang merupakan kata yang diawali dengan karakter pagar atau sharp (#). Twitter mengindeks seluruh tweet dengan hashag yang sama sehingga mempermudah pencarian topik-topik dengan hashtag tersebut. semua orang bebas membuat hashtag. namun, apaakah hashtag yang sama memiliki arti yang sama pula bagi orang yang berbeda?


Dengan demikian banyaknya istilah di Internet, muncul banyak istilah yang ambigu. bahkan, kamus behasa indonesia maupun kamus Oxford tidak bisa meng-update-nya secara cepat. padahal istilah tersebut sudah umum digunakan di media Internet.

Khusus untuk hashtag ini, anda bisa melihat maupun membuat definisinya seperti layaknya dalam Urban Dictionary. Website bernama tagdef mengumpulkan definisi tersebut untuk diakses oleh seluruh pengguna Twitter.

  • Bukalah halaman http://tagdef.com/ dengan browser. Pada tampilan awal website tersebut, anda bisa melakukan pencarian maupun memilih hashtag populer yang muncul di bagian bawah halaman. Ada Trending Tags yang merupakan hashtag yang sedang populer maupun All time high yang artinya hashtag tersebut selalu digunakan banyak orang.
  • Untuk mencari arti hashtag yang anda inginkan, tikkan hashtag tersebut di field pencarian kemudian klik tombol Look Up.
  • Bila hashtag tersebut belum terdenfinisikan, anda bisa membuat definisi sesuka anda. tikkan pada field yang tersedia kemudian klik tombol Explain this tag. Karena anda tidak melakukan login apa pun, tagdef akan menampilkan halaman konfirmasi definisi dengan captcha yang harus anda isi. tujuannya adalah menghindari adanya spam yang masuk. setelah itu, definisi tersebut akan tersimpan dalam database dan bisa anda cari.
  • Bila memilih hashtag yang memang populer dan sering digunakan oleh orang seluruh dunia, anda akan bisa menemukan berbagai definisi yang telah dibuat oleh berbagai macam orang. bila setuju dengan salah satu definisi tersebut, anda bisa mengeklik panah atas pada masing-masing definisi yang dimaksud. Sementara, bila anda kurang setuju, klik saja panah bawah. selain itu, anda tetap bisa menambahkan definisi yang sesuai dengan pendapat anda sendiri.
  • Tagdef juga menyediakan tampilan statistik yang cukup menarik untuk setiap definisi. cara untuk melihatnya adalah mengeklik tombol Details dipojok kiri bawah setiap definisi. dari gambar grafik yang muncul, dapat dilihat seberapa cepat perkembangan suatu definisi terhadap suatu hashtag.

No comments:

Post a Comment